Bagaimana Membuat Nasi Kebuli AKA Nasi Qabli Enak

Nasi Kebuli AKA Nasi Qabli. Bawa sifat jujur dan kasih, Jangan membenci dan jangan menyalahkan orang lain. Ketenaran nasi kebuli ini sudah merambah keseluruh nusantara karena cita rasanya gurih dan enak berkat bumbu bumbunya yang cukup lengkap apalagi dengan tambahan kaldu wow jadi lapar sekarang. Proses cara membuat nasi kebuli ayam maupun kambing sama saja dan hanya berbeda bahan.

Nasi Kebuli AKA Nasi Qabli It is popular among the Arab community in Indonesia and Betawi people in Jakarta. Dalam resep nasi kebuli kambing berikut ini, kami akan memberikan resep nasi kebuli lengkap yang menggunakan kismis dan daging kambing untuk memberikan nuansa khas arab. Tapi… jika anda tidak menyukai salah satu bahan tersebut, anda dapat menggantikan daging kambing dangan daging dapi. Kita bisa belajar memasak Nasi Kebuli AKA Nasi Qabli menggunakan 17 bahan dan 5 langkah. ini cara Kita membuat.

Berikut bahan Nasi Kebuli AKA Nasi Qabli

  1. kamu butuh 1 kg Daging iga kambing (boleh diganti sapi atau ayam atau ikan).
  2. kamu butuh 2,5 gelas uk. 1liter Beras basmati (boleh pakai beras biasa).
  3. kamu butuh 3 sdm Bumbu Arab mix kabsah (lihat resep arabian mix spice punya saya ya).
  4. menyiapkan 2 sdm Bumbu Arab mix briyani (lihat Arabian mix spice punya saya).
  5. menyiapkan 3-5 sdm bumbu dasar putih (lihat resep bumbu dasar saya).
  6. berikut 6 sdm ghee atau minyak samin (bisa diganti mentega atau margarin).
  7. menyiapkan 2-3 ruas daun kari (kalau tidak ada bisa diganti bubuk kari 1-2sachet).
  8. berikut 3-5 batang sereh.
  9. kamu butuh 2 buah loomy atau jeruk hitam (boleh diganti dengan daun jeruk).
  10. berikut 1/2 buah pala.
  11. menyiapkan 1/2 ruas jahe.
  12. berikut 2 buah kaldu.
  13. menyiapkan 2 lembar bay leave (boleh diganti daun salam kalau gada gausah gapapa).
  14. menyiapkan secukupnya minyak goreng.
  15. menyiapkan secukupnya garam.
  16. menyiapkan 2-4 liter susu cair plain (kalau kurang boleh ditambah air, atau boleh juga pakai SKM tapi kurangi gula atau ga pakai).
  17. berikut 2 sdm pasta tomat (boleh diganti saus tomat jumlahnya 3-4xlebih banyak, kalau gada juga boleh diganti tomat diblender 3-4buah).

Di kota, resep nasi kebuli mudah ditemukan. Terutama kalau Anda jalan-jalan di kota yang dihuni oleh etnis Arab. Namun sekarang, makanan asli Timur Masakan hasil olahan resep nasi kebuli ini sangat cocok untuk disantap ketika musim hujan tiba. Mengingat di Indonesia musim hujannya lebih panjang.

berikut langkah cara memasak Nasi Kebuli AKA Nasi Qabli

  1. Cuci beras hingga bersih, terakhir rendam dengan air panas (supaya awet ga cepet basi pakai air panas), sisihkan, siapkan bumbu, panaskan minyak dan 2sdm minyak samin (boleh ganti margarin atau butter atau minyak semua, mana aja yang gampang).
  2. Tumis bumbu dasar putih, setelah wangi, masukan bumbu lainnya (sereh dan jahe di geprek), setelah wangi masukan semua daun-daun, tumis hingga wangi (sejujurnya, kemarin ada sisa daun kunyit mau layu, saya masukin aja sekalian, tapi resep aslinya gada ya hehehe).
  3. Kemudian masukan daging kambing (boleh diganti daging sapi, ikan, udang-masaknya ga lama, telur dst apa aja yang gampang, jangan susah ya😊), setelah mulai berubah warna, masukan susu cair tingginya setinggi beras tbasmatinya, kalau pakai beras biasa 3/4ruas dari 1ruas jari aja(boleh full susu cair, boleh ditambah air, boleh pakai SKM), masukan pasta tomat (boleh pakai saus tomat).
  4. Pisahkan kuahnya masukan beras yang telah direndam, tutup panci, kecilkan api (seperti ngeliwet), ketika cairan habis, matikan jangan langsung dibuka supaya uap panasnya membuat tanak nasi matang, setelah dibuka, masih panas beri minyak samin (atau mentega atau margarin) aduk balik agar minyak samin & bumbu juga rata, tutup kembali agar tetap hangat). biarkan daging empuk & air sat, bisa dibakar atau digoreng atau dimakan aja.
  5. Beri taburan bawang goreng, tata dengan daging kambing, siap dinikmatiiiiiih😋👍🏻ajiiib nikmeh alhamduliLlah.

Nasi Kebuli Ayam, satu resep klasik yang lezat untuk dinikmati setiap hari apalagi untuk berbuka puasa ataupun hari raya lainnya. Nasi Kebuli Ayam memang tiada bandingannya. Hidangan yang kerap ditemukan di Jakarta dan dijual oleh para keturunan Arab yang bermukim di Indonesia selama. Resep nasi kebuli - Nasi kebuli merupakan salah satu kuliner khas yang berasal dari khas Timur Tengah. Selain bisa membelinya di kedai-kedai penjual nasi kebuli, jika ingin Anda juga bisa membuat sendiri nasi kebuli di rumah.

Komentar